Dari Makanan Sampai Kerajinan Tangan, Ini Daftar Oleh-Oleh Khas Kota Balikpapan yang Wajib Dibeli

5DETIK – Oleh-oleh khas Kota Balikpapan memang terkesan unik. Baik dari makanan khasnya hingga kerajinan tangan yang dibuat oleh masyarakat lokal asli Kota Minyak –julukan Kota Balikpapan. Kalau ke Kota Balikpapan, jangan lewatkan untuk membeli oleh-oleh berupa kerajinan tangan salah satunya yang diukir. Sayang kan jika sudah jauh-jauh ke Kota Balikpapan tidak membeli oleh-oleh khas kota ini?

Songket Balikpapan
Jika ingin membeli cinderamata khas Kota Balikpapan, Anda bisa mengunjungi Pasar Inpres Kebun Sayur. Pasar ini adalah tempat oleh-oleh khas terkenal. Di pasar ini Anda bisa membeli kain songket khas Kota Balikpapan. Masalah harga, pasar Inpres Kebun Sayur menjual jauh lebih murah dibandingkan pasar di provinsi lain. Anda bisa membeli kain songket dalam bentuk kain hingga sudah menjadi sebuah sarung. Anda juga bisa memilih berbagai warna-warna kain songket yang disukai. Nah, meskipun bisa dikatakan murah dari provinsi lainnya, pastikan Anda menawar terlebih dahulu harga yang ditawarkan penjual.

Onde-onde Ubi Ungu
Onde-onde khas Kota Balikpapan ini bisa dikatakan cukup unik karena terbuat dari ubi ungu. Ubi ungu memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan baik untuk kesehatan badan manusia. Dalam sebuah ubi ungu mengandung vitamin A yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Anda bisa membelinya di Rumah Kue Brownies yang bisa kamu temukan di Jalan Jenderal Sudirman. Di toko ini, Anda bisa memilih onde-onde dengan aneka varian rasa yang disukai. Ada banyak varian rasa yang disajikan seperti onde-onde isi kacang hijau, coklat, keju, atau rasa original ubi ungu saja.

Batu Mulia
Oleh-oleh yang satu ini adalah souvenir khas Kota Balikpapan. Sangat cocok untuk dibawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga atau pasangan. Batu mulia kebanyakan ada di gantungan kunci yang banyak dijual di Pasar Inpres Kebun Sayur. Batu mulia adalah cinderamata yang sangat khas sekali dengan nuansa Kota Balikpapan.
Harga gantungan kunci yang terbuat dari batu mulia ini dijual dengan harga yang terjangkau. Meski dijual dengan harga terjangkau, batu mulia ini memiliki kualitas yang bagus dan akan menjadi oleh-oleh terbaik. Selain dalam bentuk gantungan kunci, batu mulia juga bisa Anda temukan dalam bentuk cincin, kalung atau bentuk batu saja. Buat Anda yang hobi mengkoleksi barang antik, memiliki batu mulia dengan banyak pilihan warna tentunya akan melengkapi koleksi batu yang Anda miliki.

Keripik Iron
Oleh-oleh makanan Kota Balikpapan yang cocok sebagai teman ngemil adalah keripik iron. Keripik iron ini terbuat dari singkong khusus. Ya, singkong memang buah yang biasanya dibuat menjadi keripik. Namun keripiki iron ini tentu saja merupakan jenis keripik yang dibuat dari singkong khusus.
Bahan dasar keripik iron diperoleh dari Kota Samarinda. Jadi jika direbus ataupun digoreng tekstur singkongnya sangat keras. Namun ketika dijadikan dalam bentuk keripik, tekstur singkong ini akan menjadi sangat renyah dan gurih. Maka dari itu, tekstur dan cita rasa itulah yang membuat keripik iron berbeda dengan keripik singkong biasanya. Keripik ini memiliki cita rasa yang lezat dan gurih, renyah di mulut dan juga sangat cocok dijadikan camilan.

Abon Kepiting
Jika makan abon dari daging sapi, pasti sudah biasa bukan? Namun jika abon itu terbuat dari kepiting? Pasti tidak terbayangkan bagaimana rasanya. Ya, ada abon kepiting khas Balikpapan yang rasanya begitu nikmat dan lezat.
Abon yang terbuat dari daging kepiting segar khas Kota Balikpapan ini adalah salah satu jenis makanan yang banyak diburu oleh wisatawan. Jadi ketika Anda sedang berada di Kota Balikpapan. Carilah abon kepiting sebagai buah tangan yang kamu bawa untuk pasangan atau kerabat. Abon kepiting ini dibuat dari kepiting yang segar dengan olesan bumbu istimewa. Yang menjadikan abon kepiting ini terasa nikmat dan lezat. Abon kepiting khas Kota Balikpapan ini dikemas dengan bahan plastik transparan dari mulai kemasan kecil hingga besar. Nah, untuk bisa mendapatkan abon kepiting ini, kamu bisanya mencarinya di Kepiting kenari dan Dandito dengan harga yang terjangkau.

Roti Mantau
Roti mantau adalah roti khas Kota Balikpapan yang disajikan dengan digoreng dan diolesi oleh daging sapi atau kambing. Tapi daging sapi atau daging kambing ini dibumbui dengan saus yang istimewa dan khas masakan Kota Balikpapan. Meskipun diolesi dengan saus daging namun roti mantau ini dibanderol dengan harga yang cukup murah. Satu buah roti mantau bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 5000 per buah. Hanya saja harga tersebut belum termasuk saus daging.

Peyek Kepiting
Pada umunya peyek dibuat dari bahan tepung dengan isi kacang, udang, ikan teri atau kedelai. Maka lain halnya dengan oleh-oleh khas Balikpapan satu ini. Ya ada peyek yang terbuat dari bahan dasar kepiting. Memang, Kota Balikpapan adalah penghasil kepiting yang cukup besar. Jika Anda sedang berada di Balikpapan, maka membawa peyek kepiting sebagai buah tangan sangat cocok. Rasa peyek kepiting ini begitu gurih dan renyah. Peyek ini sangat cocok untuk kamu jadikan camilan atau tambahan lauk makan. Coba saja cicipi renyahnya rempeyeknya dan lezatnya daging kepiting khas Kota Balikpapan.

Tas Manik
Oleh-oleh khas Kota Balikpapan, ini adalah kerajinan istimewa yang wajib Anda miliki. Tas manik adalah kerajinan karya tangan orang Kota Balikpapan yang begitu menarik banyak wanita untuk memilikinya. Tas ini memiliki motif yang khas Kota Balikpapan. Yang membuat tas ini begitu khas sekali jika dibandingkan dengan tas dari provinsi lainnya. Menariknya, tas manik ini sudah sampai ke Mancanegara. Jadi sayang sekali bukan jika Anda sudah jauh-jauh ke Kota Balikpapan tapi tidak membawa pulang tas yang unik ini? Tas manik ini memiliki ukuran yang bervariasi sesuai selera Anda. Meskpun tas manik sudah sampai ke mancanegara, namun tas ini harganya masih terjangkau. Ya, harga tas manik ini dibanderol di bawah Rp 100.000.

Kaos
Kaos khas khas Balikpapan adalah oleh-oleh yang wajib Anda beli. Membawa kaos sebagai pilihan oleh-oleh ketika Anda kembali pulang ke kota asal sangat direkomendasikan. Kaos ini didesign khusus khas karya Kota Balikpapan dengan motif khas suku Dayak. Untuk bisa mendapatkan kaos khas Kota Balikpapan ini, kamu cukup mengeluarkan uang sekira Rp 80.000 sampai Rp 120.000 per buahnya. Dengan harga yang bisa dikatakan terjangkau ini, Anda bisa mendapatkan kaos dengan bahan istimewa.

Mandau
Mandau sebenarnya adalah alat senjata suku Dayak namun belakangan, mandau menjadi salah satu souvenir khas Kota Balikpapan yang cukup wajib untuk dibeli. Mandau memiliki manik-manik yang ada di ujung senjatanya sehingga membuat souvenir ini digemari. Mandau juga diukir dengan ukiran khas Kota Balikpapan yang menandakan bahwa mandau adalah barang keramat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button