Hijaunya Hutan Kalimantan yang Jadi Paru-paru Dunia

5DETIK – Kalimantan dikenal sebagai salah satu paru-paru dunia karena luas hutannya yang mencapai hingga 40,8 juta hektarE. Beginilah potret hijaunya hutan Borneo itu.

Seperti diketahui, Hutan memiliki kemampuan untuk melepaskan oksigen, sebuah zat yang dibutuhkan oleh semua makhluk hidup, termasuk manusia. Meskipun begitu, tak semua hutan memiliki kemampuan untuk menjadi paru-paru dunia.

Tidak bisa dipungkiri hutan menjadi salah satu ekosistem yang memiliki peran sangat vital bagi kelangsungan hidup organisme. Peran hutan antara lain sebagai tempat cadangan air hingga sebagai paru-paru dunia.

Hutan tropis sebagai paru-paru dunia karena merupakan ekosistem darat dengan keanekaragaman hayati yang paling beragam dan produktif di bumi. Negara-negara yang memiliki hutan tropis, seperti di Indonesia dan Malaysia yang memiliki hutan rawa gambut, kawasan Cerrado-Brazil terdapat hutan semi gugur dan gugur, serta di Afrika terdapat hutan tropis kering.

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kawasan hutan tropis terbesar di dunia. Indonesia menempati posisi ketiga setelah Brazil dan Kongo. Hutan tropis Indonesia sebagian besar ada di wilayah Kalimantan dengan bentuk hutan rawa gambut. Selain menjadi paru-paru dunia, hutan tropis juga memiliki peran penting yang lain.

Hutan tropis mampu mencegah erosi tanah dan mengurangi risiko bencana alam seperti tanah longsor, banjir, gelombang tsunami, hingga badai. Tidak hanya itu, hutan tropis juga berperan dalam menyerap, membersihkan, dan mendaur ulang air tawar dengan menangkap curah hujan.

Sayangnya laju deforestasi di Kalimantan terbilang sangat cepat. Menurut data yang dikeluarkan Departemen Kehutanan, angka deforestasi di Kalimantan pada 2000-2005 mencapai sekitar 1,23 juta hektare. Artinya sekitar 673 hektare hutan di Kalimantan mengalami deforestasi setiap harinya pada periode tersebut. Luas hutan di seluruh provinsi yang ada di Kalimantan mencapai sekitar 40,8 juta hektare. Sementara itu menurut Greenpeace, hutan di Kalimantan hanya tersisa 25,5 juta di tahun 2010. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button