Pantang Pulang Sebelum Kenyang! Ini Menu Sarapan Khas Kalimantan Timur

5DETIK – Kalimantan Timur telah dinyatakan sah sebagai lokasi ibu kota baru untuk Indonesia yang baru. Ada beragam kuliner sedap buat mengawali hari.

Kalimantan Timur punya kuliner khas yang biasa disantap saat sarapan. Ada yang berupa olahan nasi hingga soto yang populer. Penyajiannya cukup unik dengan rasa gurih yang lezat. Berikut 5 menu sarapan khas Kalimantan Timur tersebut.

Buras Barandam
Buras barandam atau berendam adalah menu sarapan berupa buras atau lontong nasi yang dibentuk pipih berbungkus daun pisang. Selain itu juga ada ada campuran lauk pauk berupa ikan gabus. Lengkap dengan sajian sambal udang papai. Dijual di warung-warung makan yang buka sejak pagi.

Orang Kalimantan Timur menjadikan makanan ini sebagai hidangan untuk sarapan di pagi hari. Rasanya gurih sesuai dengan dengan lidah orang Kalimantan Timur sendiri. Apalagi dengan taburan bawang goreng di atasnya menambahkan cita rasa tersendiri.

Nasi Kuning
Nasi kuning khas Samarinda, Kalimantan Timur ini berbeda dengan nasi kuning dari daerah lainnya. Pasalnya nasi kuning Samarinda memiliki rasa yang lebih gurih. Selain itu lauknya berupa ikan haruan, telur, ayam dan daging yang dimasak habang dengan paduan cabai merah.

Makanan ini sangat populer di Samarinda. Bahkan, saking populernya sampai ada kampung yang diberi nama Kampoeng Nasi Kuning. Di sana banyak orang yang menjual nasi kuning. Mulai dari pagi hingga malam nasi kuning selalu tersedia di kampung tersebut.

Soto Banjar
Orang Kalimantan juga punya sajian soto. Dikenal dengan nama soto banjar yang diracik dengan berbagai macam bumbu dan rempah yang lezat. Dalam soto banjar berisi telur, bebek, dan potongan perkedel.

Isian tersebut diguyur dengan kuah gurih berwarna kuning. Kaldu yang ringan dan bening karena bumbunya dibungkus dengan kain saat direbus. Biasanya disantap dengan ketupat atau nasi hangat yang mengenyangkan perut. Rasanya gurih segar dengan tambahan perasa jeruk nipis.

Bubur Pedas
Bubur pedas jadi makanan khas Kalimantan Timur yang paling banyak dijumpai. Bubur pedas ini merupakan makanan yang khas dari suku Melayu Sambas. Dulu makanan ini sering disajikan di kerajaan-kerajaan.

Rasa pedas pada bubur ini bukan karena penggunaan cabai yang banyak, melainkan karena penggunaan rempah-rempah yang begitu kuat. Seperti lengkuas, lada hitam, sereh, jinten, ketumbar dan lainnya. Bubur ini dimasak dengan mencampur beras sangrai dan kelapa sangrai yang ditumbuk halus dengan berbagai bumbu-bumbu. Makin enak karena ditaburi teri dan kacang goreng. Diberi kucuran air jeruk kecil rasanya makin enak.

Pulut Nasi
Pulut nasi adalah makanan yang terbuat dari beras yang dikukus sama seperti lontong. Beras itu dikukus dengan campuran santan. Beras itu dibungkus dengan daun pisang dalam porsi yang kecil dengan bentuk tum.
Ketika matang bentuknya lebih menyerupai pepes tahu dan pepes ikan. Rasanya gurih dengan tekstur yang lembut. Enak disantap dengan berbagai lauk pauk, sayuran dan sambal kacang. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button