Pusat Oleh-oleh Khas Balikpapan, Toko Amplang Sibayak

5DETIK – Ketika pertama kali berdiri pada tahun 2006, toko milik pasangan suami istri M. Sinar Sembiring dan Siti Suparti ini hanya menjual alat tulis kantor (ATK) dan jasa fotokopi. Pelanggannya adalah markas Brimob dan SPN Polda Kaltim yang terletak di seberang toko mereka dan perusahaan disekitarnya.

Kemudian putri pertama mereka – Ria dan beberapa kerabat Sembiring, begitu suami Siti ini biasa dipanggil, menyarankan agar mereka juga berjualan oleh-oleh khas Kalimantan Timur. Tak diduga, ternyata toko yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman No. 20, Balikpapan jurusan ke bandara Internasional Sepinggan Balikpapan itu berkembang pesat.

Hingga sekarang Toko Amplang Sibayak dikenal sebagai pusat oleh-oleh khas Kalimantan Timur khususnya Balikpapan dan Samarinda. Toko Amplang Sibayak menjual amplang rumput laut, amplang cap kuku macan, peyek kepiting, kerupuk kepiting, abon kepiting, lempok durian, biskuit gabin, oleh-oleh khas lainnya dan souvenir khas Kalimantan.

Menurut Siti, Toko Amplang Sibayak juga merupakan toko yang pertama kali memopulerkan amplang berbahan dasar rumput laut dan hanya ada di Sibayak. Alasan di balik pemilihan nama Sibayak sendiri cukup unik. Sibayak adalah gunung indah yang berada di Brastagi – Kota Tourist yang dingin di Sumatera Utara yang banyak di kunjungi wisatawan dalam dan luar negri, tanah kelahiran Sinar.

“Sibayak mudah didaki ke puncak, nyaman dan indah, sama seperti Bromo. Secara filosofi ini berarti mudah untuk mencapai puncak kesuksesan di atas. Maka kami mengambil nama itu untuk toko ini. Mudah diingat oleh orang karena kenyamanan dan kepuasan pengunjung, alhamdulillah pengunjung bertambah banyak,” ungkap Sinar.

Salah satu kunci kesuksesan pasutri Sembiring dalam membangun Toko Amplang Sibayak adalah menjaga kualitas barang dan kepercayaan pelanggan. “Kadang orang suka lupa, ketika banyak pelanggan yang sudah percaya, banyak yang tidak memperhatikan kualitasnya. Saat ini, hal itulah yang kami lakukan,” ujar Sinar yang telah memiliki tiga orang cucu tersebut.

Setiap barang di toko dipasok dari supplier Balikpapan maupun Samarinda. Mereka merupakan pengusaha pembuat amplang yang sudah cukup lama bekerjasama dengan Amplang Sibayak. Meski menggunakan sistem langsung beli, barang yang masuk tetap disortir lagi.

“Mulai dari kualitas makanannya, maupun kemasannya. Kalau ada yang tidak sesuai, akan dikembalikan lagi. Dan kami memberikan masukan kepada pemasok untuk menjaga kualitas yang baik, kami pastikan kualitas harus selalu terjaga, karena ini menyangkut kepercayaan, kepuasan pelanggan terhadap kami,” jelas Siti. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button